Saus Rahasia Restoran Chinese Food,Saus XO

Teman-teman sudah tidak asing lagi dengan yang namanya nasi goreng,mie goreng,cap cay dan aneka masakan chinese lainnya bukan?.Bila teman-teman pernah mengunjungi salah satu restoran chinese food favorit disekitar tempat kalian,sebagian besar masakannya menggunakan bumbu spesial khas negeri tirai bambu.bumbu dasar chinese food biasanya banyak menggunakan flavour berbahan dasar bawang putih yang diolah menjadi minyak bawang serta bumbu pendukung lainnya seperti saus tiram,kecap asin,kecap ikan dan minyak wijen.

Baca juga:https://11foodimagination.blogspot.com/2020/04/5-olahan-jus-penumpas-penyakit-dan.html

bumbu spesial kali ini tidak jauh beda dengan pengolahan minyak bawang yang dimana bumbu ini bernama saus XO,Saus XO merupakan kepanjangan dari Xtra Ordinary dan tidak ada hubungan dengan XO minuman beralkohol. Bumbu khas Canton dan HongKong ini dibuat dari teri, scallop kering, cabai kering, bawang dan beragam bumbu lainnya. Bentuknya serpihan halus berwarna cokelat tua dan digenangi minyak kemerahan yang berasal dari minyak kacang. Hampir tiap koki dan restoran memiliki racikan Saus ini. Namun, kini sudah gampang didapat dalam bentuk jadi di pasar swalayan besar. Rasanya gurih-gurih pedas sehingga enak dibuat campuran nasi goreng, bakmi goreng, pasta atau untuk saus pencelup. Setelah dibuka, sebaiknya sisanya dalam botol kaca disimpan dalam lemari es. Harga saus ini relatif mahal.Sebenarnya saus ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan lokal selain lebih murah rasanyapun tidak kalah nikmat dengan saus racikan restoran chinese food ataupun saus XO yang dijual diswalayan,mari kita buat.

baca juga:https://11foodimagination.blogspot.com/2020/04/filosofi-dan-resep-sangga-buwana.html
bumbu xo
Saus XO,memberikan aromatik dan cita rasa yang nikmat pada masakan
Resep Saus  XO

BAHAN:
Bawang putih    50gr
Bawang merah  50gr
Cabe merah      30gr
Ebi                   30gr

CARA MEMBUAT:
1.haluskan bumbu menggunakan alat penghalus bumbu atau haluskan dengan cara dicincang,menghaluskannya harus tepisah antara bawang putih,merah,cabe,dan ebi.(ebi direndam air panas terlebih dahulu}.
2.tuang minyak hingga kira-kira semua bumbu bisa terendam,masak dengan api kecil hingga sedang.
3.masukan bawang merah,tunggu hingga setengah matang baru masukan bawang putih.
4.ketika warna bawang putih sudah sedikit kuning keemasan masukan cabe dan ebi masak terus sambil diaduk.
5.ketika bumbu sudah terlihat kering dan juga mengeluarkan aroma yang harum segera angkat(walaupun api sudah dimatikan proses masak pada bumbu masih terus berlanjut,maka dari itu sebelum bumbu benar-benar matang kira-kira 95% matikan api dan biarkan 5% nya lagi terproses diluar pemasakan menggunakan api).
6.ketika sudah dingin masukan dalam toples dan simpan ke dalam lemari pendingin.

bumbu xo
Hasil dari pemasakan saus XO

Yup itulah resep dan cara membuat saus XO,mudah dan praktis hanya empat bahan,namun harus diperhatikan saat memasak bawang putih dan bawang merah jangan sampai terlalu coklat diawal karena proses pemasakan bumbu ini bertahap jadi diusahakan jangan sampai gosong karena rasa dan aroma bisa membuat masakan anda tidak disukai orang lain.baiklah sampai disini dulu artikel saya kali ini,bila masih bingung atau mau mengkritisi artikel saya bisa tuliskan dikolom komentar,Salam Kuliner.

Comments

Post a Comment